Wisata Edukasi Kelas 7



  Tibalah hari Wisata Edukasi Siswa SMP Labschool Jakarta kelas 7 yang berkunjung ke Puspiptek dan Taman Mini Indonesia Indah lebih tepatnya ke SkyWorld, yang jatuh pada hari Kamis, 19 Oktober 2017. Pagi itu kami sudah ber kumpul di sekolah jam 6:00 pagi, kami melaksanakan apel pagi bersama kelas 9 yang ingin berangkat ke Bogor untuk AMT (Achievement Motivation Training). Jam 6;30 apel pagi selesai dan kami langsung menuju bus masing masing dan langsung berangkat menuju Puspiptek. Sebelum berangkat, kita di absen dulu oleh guru pendamping kita atau wali kelas masing masing.

  Perjalanan dari sekolah menuju Puspiptek memakan 2 jam perjalanan, di tengah perjalanan, kami di suguhi snack berupa roti yang lezat dan minuman berupa air mineral. Sampai disana kita di bagikan LKS yang harus di isi selama perjalanan Wisata Edukasi, selain LKS kami juga di tugaskan membuat video dokumentasi tentang Wisata Edukasi kelas 7 yang berkunjung ke Puspipstek dan Taman Mini Indonesia Indah, maka di karenakan itu, kami di perbolehkan membawa Camera DSLR, Handy Cam, dan Smartphone untuk merekam kegiatan yang ada di sana, Saat videonya sudah selesai di edit, kami kumpulkan ke wali kelas via FlashDisk, saat semuanya sudah terkumpul, akan di pilih satu video dukumentasi terbaik tiap kelas dan akan di lombakan perkelas untuk menentukan siapa yang menang atau video terbaik di angkatan 26, Pemenangnya ada 3 Juara.

  Sesampainya disana  kami di jelaskan sedikit tentang Puspiptek oleh petugas disana, setelah itu kami langsung menuju bus lagi dan berganti jas lab karena setelah ini kami akan langsung berangkat ke Lab Puspiptek, Lab tiap kelas berbeda beda, kelas kami dapat bagian LAPTIAB, disitu kita di jelaskan tentang beberapa hal yang ada disana seperti, obat obatan dan yang lainnya. Salat satu visi misi mereka adalah “membuat hasil penelitian menjadi bermanfaat bagi masyarakat”. Itulah akhir dari perjalanan kita di LAPTIAB.

  Setelah dari Lab, kami dibagikan makan siang berupa  ayam KFC di bus. Setelah itu, kami langsung melepas jas lab dan menuju Taman Mini Indonesia Indah, sebelum berangkat ke Taman Mini Indonesia Indah, kami shalat Dzuhur dulu di Masjid TMII, Setelah shalat, kami berangkat menuju SkyWorld. Sesampainya di SkyWorld kita berkumpul di Auditorium lalu kita dijelaskan tentang Planetarium dan sebagainya, kami juga di putarkan video pendek tentang luar angkasa dan planet planet yang ada di dalamnya, lalu kami keluar dari Auditorium dan menuju pusat SkyWorld yaitu tempat di jelaskannya berbagai hal yang ada di luar angkasa beserta Standing Figure, Miniature 3D, dan beberapa objek foto lainnya, disana kami banyak mengambil foto dan Video tentang Planetarium, dengan teman maupun dengan objek foto disana.

 Lalu kami di suruh berkumpul di suatu tempat untuk mengantri menonton Cinema 5D, mengantri memang lama dan melelahkan tetapi membuahkan pengalaman yang tak terlupakan. Setelah menonton Cinema 5D, kami berkumpul di Planetarium, Planetarium berbentuk seperti bioskop yang sedikit lebih besar dan screennya berbentuk cekung ke atas, maka saat sedang menonton, kami harus menghadap ke atas sedikit.

  Di Planetarium, kami diberi tahu keadaan luar angkasa di atas TMII saat itu juga, lalu kami melihat beberapa bintang yang berbentuk rasi bintang yang indah seperti Libra, Taurus, Capricorn, dan Virgo. Setelah itu, di karenakan banyak murid yang kehausan, maka kami diperbolehkan membeli minum dan makanan di kantin terdekat disana. Sayang sekali di karenakan sedang hujan deras yang tak kunjung selesai dan karena waktu yang sudah mepet alias tidak cukup, kunjungan ke Dunia Air Tawar pun di batalkan. Setelah dari planetarium, kami berkumpul dan langsung menuju ke bus masing masing untuk menuju masjid TMII karena sehabis ini kita akan shalat Ashar.
  Setelah shalat Ashar, kami menunggu azan Maghriib di masjid, lalu setelah itu, kami shalat Maghrib. Setelah itu kami langsung menuju ke bis masing masing dan berangkat kembali menuju Sekolah SMP Labschool Jakarta. Di luar rencana, seharusnya kami sudah sampai di sekolah pukul 18:00 tetapi di karenakan badai hujan dan kemacetan jakarta, kami baru sampai sekolah jam 19:00 lewat.

 Kegiatan Wisata Edukasi pun selesai sampai di sini, murid murid sudah di perbolehkan pulang ke rumah masing masing, kunjungan hari ini yang berkunjung ke Puspiptek, Lab Puspiptek, serta Taman Mini Indonesia Indah sangat mengasyikkan dan berkesan bagi semua murid yang mengikuti kegiatan tersebut, walaupun ada beberapa kegiatan dan kejadian yang di luar rencana, hari ini tetap menjadi hari yang tak terlupakan bagi murid yang mengikutinya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

LIBURAN SEKOLAH 2019

Siapa tak kenal YouTube?